Jangan Asal Pilih Dump Truk! Ini Kriteria Terbaiknya

Dump Truck

Dump truk menjadi sarana paling utama yang dimiliki oleh pengusaha alat berat. Truk ini sangat fleksibel, karena dapat digunakan untuk macam-macam keperluan, dari pengangkutan material dan juga penggalian.  Tetapi, tidak semua jenis truk ini dapat memberikan fungsi terbaiknya. Pemilik usaha alat berat harus bijaksana dalam memilih truk terbaik, gimana caranya? Berikut ini kriterianya

 

Kriteria Terbaik Untuk Pilih Truk Dengan Bak


Beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih dump truck tidak terlalu banyak. Justru, saat ini pengguna dimudahkan dengan berbagai macam pilihan truk. Mereka dapat memilih truk dengan harga berapapun, dan dengan ukuran yang sesuai kebutuhan mereka.  Meski truk dengan tipe ini terlihat sama, tetapi sebenarnya pembeli harus memastikan fungsi terbaiknya.


Pengguna dapat mempertimbangkan beberapa kriteria seperti tersebut di bawah ini

1.       Tipe Truk

Truk jenis ini tersedia dalam berbagai tipe, dimana masing-masing dari tipe tersebut memiliki  kelebihan sekaligus keterbatasan.  Truk standar memiliki sasis dengan bak pembuangan dengan lift hidrolik vertikal.  Truk seperti ini dilengkapi dengan poros depan serta tambahan di bagian belakang.

Kemampuan manuver dari truk dump memang bagus, meskipun ada beberapa truk yang tidak dapat melakukan maneuver terlalu bagus di tanah yang lunak.  Pelajari dulu jenisnya, termasuk dimensi, berat, kemampuan, roda, mesin, transmisi, dan bahan bakar.  Bandingkan dengan kebutuhan sebelum memilih yang paling sesuai.


2.       Kapasitas

Kapasitas truk terkait dengan volume serta berat yang akan digunakan truk untuk mengangkut barang. Perlu diperhatikan bahwa muatan pasti juga memiliki kelembaban. Karena itulah, lebih baik memilih truk dengan volume cukup, meskipun pengguna harus mengetahui peraturan yang terkait dengan operasional truk angkut di beberapa wilayah. 

Pertimbangkan pula berat sasis yang sudah termasuk kabin, dimana berat ideal adalah kurang lebih 2000 kg, dengan Max G.V.W kurang lebih 8000 kg.


3.       Kerangka dan Dimensi

Biasanya, baja dan aluminum merupakan kerangka utama untuk truk jenis ini. Dengan pekerjaan berat yang harus dilakukan, kerangka baja dan aluminum saja tidak cukup. Pengguna perlu membandingkan  dimensi jarak sumbu roda, kemudian panjang serta lebar dan tinggi secara keseluruhan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan utama, sehingga truk tidak akan mengalami kerusakan prematur saat membawa beban berat. 

Tak kalah penting adalah jarak roda depan di kiri dan kanan dan juga belakang.  Faktor ini penting untuk keseimbangan truk dalam penggunaan jangka panjang.


Jangan lupa pertimbangkan mesin, karena hal ini berpengaruh pada kinerjanya dalam jangka panjang.  Pilih truk 4WD dengan direct injection. Perhatikan apakah mesin diesel memiliki turbo intercooler. Untuk kinerja maksimal, pastikan daya maksimum truk memiliki kurang lebih 136PS dan 2.900 rpm

Itulah kriteria terbaik yang harus anda perhatikan saat memilih truk dengan bak. Pastikan anda membeli truk yang bisa difungsikan dalam jangka panjang.

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.